Profil

PROFIL

Berdiri sejak 20 September 1982 di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), melalui Surat Keputusan Rektor UMJ No. 189/UMJ/IX/1982. Fakultas Pertanian (FTan) UMJ merupakan salah satu perguruan

FTAN UMJ SELENGGARAKAN KULIAH UMUM TANAMAN BUAH DAN HIAS

ftanumj.ac.id – Pemerintah berkomitmen besar untuk mendorong industrialisasi komoditas buah dan tanaman hias nasional,  dengan melibatkan petani lokal,  dan kebutuhan akan dunia terhadap komoditas buah dan tanaman hias nasional terus meningkat,  ujar Dr.  Liferdi.

Dr. Liferdi hadir mengisi kuliah umum “Tanaman Buah dan Tanaman Hias” yang diselenggarakan FTan UMJ pada Selasa (22/10). Indonesia memiliki sumber daya besar akan ragam buah dan tanaman hias yang sangat menarik bagi pasar dunia. Saat ini pemerintah berupaya terus mendorong kemajuan dan pengelolaan komoditas buah dan tanaman hias secara skala industri.

Dalam paparan Dr. Liferdi (Direktur Tanaman Buah dan Florikultur Kementerian Pertanian RI), menyampaikan bahwa buah-buah nasional seperti manggis dan durian memiliki karakter khas yang sangat disukai pasar ekspor.  Meski demikian ujarnya,  tidak lah mudah untuk menyambungkan petani komoditas ini ke pasar karena sifat pembudidayaanya yang belum dikelola dengan baik.  Dr.  Liferdi sangat sulit menemukan perkebunan manggis,  dan jika ada maka luasannya sangat sempit dan berada dalam jangkauan daerah yang berjauhan.

foto bersama

Kuliah umum diikuti oleh mahasiswa Fakultas Pertanian UMJ,  dan dosen, serta tenaga kependidikan di Fakultas Pertanian UMJ. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah tersebut. Iqbal mahasiswa Jurusan Agroteknologi semester 1 yang menanyakan murahnya harga durian di daerahnya.

Dekan FTan UMJ,  Dr.  Elfarisna,  M.Si. ketika membuka acara kuliah umum menyampaikan harapannya bagi mahasiswa FTan UMJ agar dapat mengambil informasi dan peluang yang dapat diambil dari paparan yang akan disampaikan Dr. Liferdi. Mahasiswa harus mengambil kesempatan yang ada untuk ikut serta mendorong kemajuan industri buah dan tanaman hias nasional,  ujarnya. Selain itu tambahnya,  kuliah umum ini diharapkan menambah wawasan mahasiswa terkait kebijakan pertanian nasional mengenai sektor tanaman buah dan hias. (rdi)

rdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *