Profil

PROFIL

Berdiri sejak 20 September 1982 di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), melalui Surat Keputusan Rektor UMJ No. 189/UMJ/IX/1982. Fakultas Pertanian (FTan) UMJ merupakan salah satu perguruan

Tim Dosen Fakultas Pertanian UMJ Adakan (FGD) bersama Pelaku Urban Farming di Jakarta Selatan

Selasa, 09 November 2021, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) bersama para pelaku usahatani komersial Jakarta Selatan. Pertemuan diadakan di Ruang Pertemuan Agro Edukasi Wisata – BPP Ragunan. Acara ini merupakan satu dari serangkaian kegiatan Penelitian oleh Tim Dosen Fakultas Pertanian UMJ dibawah payung LPPM UMJ. Tema yang diangkat adalah Model Usaha Pertanian Perkotaan (Urban Farming) di Jakarta Selatan. Fokus kegiatan ini adalah mendapatkan data dan informasi mengenai bentuk usaha pada enam kecamatan di Jakarta Selatan. Pelaku usaha yang terlibat dalam diskusi ini adalah Kelompok Tani/ Kelas Berkebun Optimis Baru 02 dan Poktan Dahlia dari Kecamatan Setia Budi; Poktan Duren Tiga Lestari dan Komunitas Anggur dari Kecamatan Pancoran; Poktan Hidroponik Generik dari Kecamatan Pesanggrahan, Gapoktan Primantara dan Gang Hujau Mandala dari Kecamatan Pasar Minggu; New Garden Hydro dari Kecamatan Tebet; dan KWT Gandaria dari Kecamatan Gandaria.

Urban Farming dipilih sebagai topik penelitian mengingat kegiatan ini merupakan program progresif dari pemerintah DKI Jakarta, sebagaimana tertuang dalam Visi Misi No 18. Gubernur, Ingub Prov. DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2018, dan Ingub Prov DKI Jakarta tahun 14 Tahun 2018 serta Desain Besar Pertanian Perkotaan Provinsi DKI Jakarta 2018-2030.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Kepala Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), Bapak Hasudungan A. Sidabalok. “Hasil penelitian ini diharapkan dapat disampaikan ke kami (Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan), sehingga akan tercipta keberlanjutan, bukan hanya terhenti dalam sebuah laporan tertulis, namun diharapkan menjadi masukan dalam realisasi kebijakan Urban Farming di Kota Jakarta Selatan”

Kegiatan ini bukan hanya bermanfaat bagi tim peneliti, namun memberikan dampak positif bagi pelaku usaha. “Kegiatan tim dosen UMJ ini membuka jaringan kepada kami untuk bertemu dan berbagi informasi kepada sesama pelaku usahatani dari kecamatan lain”. Ketua tim pelaksana, Lorenta In Haryanto, menyampaikan kegiatan ini menjadi peluang bagi Fakultas Pertanian UMJ untuk dapat bekerjasama dengan Sudin KPKP Kota Jakarta Selatan dan berkolaborasi dalam mendukung program Urban Farming Pemprov DKI Jakarta.

Melalui forum diskusi ini, tergambarkan bahwa bentuk usahatani di Jakarta Selatan terbagi dalam model terdiversifikasi, terdiferensiasi, dan berfokus pada efisiensi biaya. Maping terhadap bentuk usahatani tersebut selanjutnya akan diplotkan berdasarkan analisis mendalam oleh tim dosen. “Topik ini menarik untuk kemudian bisa dibandingkan dengan daerah lain, ataupun bahkan negara lain” ujar Dr Ade Sumiahadi selaku tim peneliti. Diharapkan forum diskusi ini dapat memfasilitasi pengembangan jaringan yang terbuka bagi semua pihak: pelaku usaha, peneliti, dan pemangku kebijakan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *